IMPLEMENTASI ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA KULIAH TEKNIK RISET OPERASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Samsuriah

Abstract

Covid-19 merupakan wabah yang melanda dunia saat ini yang sudah 1 tahun lebih belum juga berkurang bahkan bertambah, namun semua aspek kegiatan tetap berlangsung seperti halnya pembelajaran meskipun lewat Daring atau On Line, akan tetapi semangat bagi pengajar dan pelajar tetap menyala untuk kehidupan yang lebih baik, akan tetapi pembelajran online terkadang membuat mahasiswa bosan karena model pembelajaran kurang menarik. Untuk membuat mahasiswa lebih semangat dengan pembelajaran online saat ini, maka salah satu metode adalah memberikan model pembelajaran yang lebih spektakuler dan lebih interaktif dengan mengaplikasikan pembuatan bahan ajar digital dengan articulate storyline. Untuk mengikuti tren teknologi, maka dari itu penulis mengimplementasikan Articulate Storyline untuk bahan ajar digital mata kuliah Teknik Riset Operasi. Tujuan Articulate adalah untuk menarik perhatian dan simpati para pelajar dan mahasiswa untuk lebih interaktif dalam pembelajaran, memudahkan pengguna untuk publish. Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Design) melakukan penelitian kemudian membuat desain berupa struktur desain antar menu yang terdiri dari scene opening, scene pendahuluan, menu utama, scene isi, scene quiz dan penutup. Hasil akhir dari penelitian menghasilkan Articulate Storyline bahan ajar Teknik Riset Operasi yang sangat mendukung di era kenormalan baru.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Samsuriah. (2021). IMPLEMENTASI ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATA KULIAH TEKNIK RISET OPERASI . Jurnal Informatika Progres, 13(1), 25-30. https://doi.org/10.56708/progres.v13i1.202

References

Hesta R, Umi C dkk. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Universitas Brawijay. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Volume 5, Nomor 1, Mei 2018

[2] Rian Angga Pratama. Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Vol 7, No 1 (2018) Hal 1.

[3] Satriawaty M dan Samsuriah, 2020. Implementasi Articulate Storyline dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital pada STMIK Profesional Makassar. Makassar. Prosiding SNTEI Tahun 2020. ISBN: 978-623-91293-2-3. Hal 2.

[4] Sanjaya. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

[5] Purnama,S dan Asto B. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei I Di SMK Negeri 2 Purbolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 3(2), 275-279.

[6] Pratama RA, Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 pada Materi Menggambar Grafik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(2), 11-23.

[7] Priankalia A, Sony I, dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Purwokerto. ISSN: 2620-5807 vol. 4 No. 2 (2020)

[8] Yahya Riski dkk. Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan perangkat pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini Project.

[9] Yumini, S dan Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(3), 845-849.